sistem bisnis ponzi

Mengenal Apa Itu Sistem Bisnis Ponzi dan Ciri-cirinya

Berinvestasi memang sangat penting untuk persiapan masa depan. Namun ada kalanya Anda harus memperhatikan sistem bisnis yang diterapkan. Sebab tidak sedikit  bisnis dengan sistem bisnis ponzi berkedok investasi.

Sistem bisnis ini dapat dikatakan sebagai sistem bisnis palsu yang hanya memberikan iming-iming kepada para investor.

Tingkat bagi hasil yang dijanjikan memang sangat tinggi. Namun jika ada perusahaan yang menawarkan iming-iming tersebut, Anda justru wajib hati-hati. Anda harus menyelidiki terlebih dahulu legalitas yang dimiliki oleh perusahaan investasi ini.

Jika perusahaan tersebut tidak legal, bisa saja perusahaan tersebut menerapkan skema ponzi. Tanpa disadari, Anda pun bisa terjebak dalam sebuah investasi yang justru dalam menjerumuskan investor pada kerugian..

Apa Itu Sistem Bisnis Ponzi?

Sistem bisnis ponzi dapat diartikan sebagai modus yang diterapkan perusahaan investasi palsu. Perusahaan tersebut memberikan iming-iming berupa keuntungan yang sangat besar.

Keuntungan yang dijanjikan ini lebih besar dibandingkan dengan keuntungan investasi lainnya. Bukan hanya itu, perusahaan juga menjanjikan perolehan keuntungan dalam waktu singkat.

Bahkan untuk menambah kepercayaan calon investor, perusahaan yang menerapkan sistem ini menyiapkan fasilitas palsu. Contohnya kantor yang telah disewa sebelumnya.

Selain itu, uang yang disetor oleh investor pun akan dikelola untuk dibagikan kepada timnya. Secara otomatis investor tidak akan bisa memperoleh keuntungan seperti yang telah dijanjikan sebelumnya.

Karakteristik Sistem Bisnis Ponzi

Tidak dapat dimungkiri jika saat ini sangat banyak perusahaan investasi ilegal yang menerapkan skema ponzi. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan penghasilan tanpa modal.

Dengan begitu, banyak masyarakat yang tertipu dengan iming-iming yang dijanjikan. Maka dari itu, Anda harus mengenali ciri-ciri perusahaan yang menerapkan sistem bisnis ponzi berikut:

1.     Menjanjikan Keuntungan Besar dalam Waktu Singkat

Ciri-ciri perusahaan yang menerapkan sistem tersebut yakni menjanjikan sebuah keuntungan besar. Di mana keuntungan diperoleh hanya dalam waktu singkat setelah menyetor uang.

Jika dipikir secara logika, tentu hal ini sangat tidak masuk akal. Maka dari itu, jika menemukan perusahaan investasi seperti ini, sebaiknya jangan mempercayakan dana investasi Anda pada perusahaan tersebut.

2.     Menawarkan Produk yang Tidak Jelas

Bukan hanya menjanjikan keuntungan besar dalam waktu singkat, namun juga memberikan penawaran produk. Tetapi produk yang ditawarkan sangat tidak jelas dan tidak ada detail resmi dari produk terkait.

Dengan kata lain, perusahaan tersebut hanya fokus menjelaskan keuntungan dan iming-iming yang ditawarkan.

Berhati-hatilah jika menemukan perusahaan yang tidak menjelaskan produk yang ditawarkan.

3.     Adanya Tekanan Untuk Segera Berinvestasi

Jika terlanjur terdaftar sebagai investor baru di perusahaan tersebut, biasanya akan selalu muncul sebuah tekanan. Investor ditekan agar cepat membayar dana yang akan diinvestasikan.

Bukan hanya itu, investor baru pun dituntut mencari anggota baru yang akan didaftar sebagai anggota. Karena tanpa adanya anggota baru maka penghasilan anggota senior pun berkurang.

4.     Tidak Terdaftar di OJK

Seperti yang diketahui, salah satu tolok ukur keamanan perusahaan investasi adalah sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Artinya, apabila menemukan perusahaan investasi yang tidak terdaftar di OJK tentu Anda perlu waspada.

Hal ini disebabkan karena perusahaan tersebut tidak mempunyai surat izin yang jelas dari badan pengawas. Olehnya itu, sangat penting untuk mempertanyakan surat izin ini sebelum investasi.

Contoh Penawaran Investasi Sistem Ponzi

Di negara Indonesia sendiri memang sudah banyak ditemukan penawaran investasi yang menggunakan sistem bisnis ponzi. Adapun contoh penawaran yang dimaksud sebagai berikut:

  • Abu Tours
  • Pandawa Gorup
  • Qurnia Subur Alam Raya

Itulah penjelasan lengkap terkait dengan ciri-ciri dari sistem bisnis ponzi. Dengan mengetahui sistem bisnis ponzi, diharapkan Anda bisa lebih waspada dalam mengalokasikan dana investasi Anda.

Artikel Lainnya

Download, Edit & Copy - Paste

GRATIS ! Mentoring

Serial Contoh SOP Perusahaan Terlengkap dan Ter-Update, di lengkapi Form, Flow Chart dan Grup Mentoring Khusus.
Klik Download Sekarang Juga