key performance indicator J&T

Inilah Key Performance Indicator J&T yang Wajib Diketahui

key performance indicator J&T – Setiap perusahaan tentunya menginginkan agar kinerjanya yang dihasilkan bisa maksimal. Terlebih perusahaan dalam bidang drop point yang memiliki tujuan untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada customernya.

Tentunya, memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen merupakan hal yang harus diutamakan. Sebab, jika pelayanan yang tidak memuaskan, maka akan sulit bagi sebuah perusahaan dapat berkembang.

Maka dari itu, suatu perusahaan harus menerapkan key performance indicator guna untuk meningkatkan kualitas perusahaan dan kepuasaan pelanggan. Memang, tidak bisa dimungkiri bahwa key performance indicator yang diterapkan dalam suatu perusahaan tentunya berbeda-beda.

Namun, key performance indicator yang diterapkan tentunya bertujuan untuk meningkatkan performa dari suatu perusahaan. Untuk mengetahui key performance indicator J&T, simaklah ulasannya berikut ini.

Pengertian Key Perfromance indicator

Key performance indicator (KPI) dapat diartikan sebagai indikator yang menggambarkan tingkat keefektifan perusahaan untuk mencapai tujuannya. Hal ini tentu menjadi salah satu indikator penting bagi jalannya suatu bisnis. Sebab, key performance indicator itu sendiri berfungsi untuk melakukan penilaian dan pengukuran kinerja karyawan dalam suatu perusahaan.

Maka dari itu, agar key performance indicator dapat berfungsi dengan optimal, maka key performance indicator wajib memenuhi kaidah SMART, yakni spesifik, measureable (terukur), achievable (bisa dicapai), reliable (bisa dipercaya dan time bound (target waktu).

Key Performance Indicator J&T

Memang key performance indicator dalam suatu perusahaan merupakan hal yang paling penting untuk diterapkan. Terlebih pada perusahaan drop point yang bekerja untuk penyaluran barang kepada customer.

Dengan adanya key performance indicator dalam drop point J&T maka perusahaan dapat mengukur kinerja dari karyawan. Hal ini tentu bertujuan agar karyawan bisa memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggannya.

Maka dari itu, berikut ini akan dijelaskan beberapa key performance indicator yang wajib diterapkan dalam drop point j&t.

1.    Kualitas Produk

Salah satu key performance indicator yang paling penting untuk diterapkan adalah kualitas produk. Tentunya, pelanggan mengharapkan kualitas produk seperti yang diharapkan yakni barang yang dipesan di marketplace tidak memiliki cacat satu pun ketika dikirim melalui drop point J&T.

Maka dari itu, pihak layanan j&t wajib memperhatikan kualitas produk agar tidak mengecewakan para pelanggan. Sebab, jika pelanggan menerima produk dalam keadaan cacat, maka pelanggan tidak akan menggunakan lagi layanan jasa tersebut.

2.    Kualitas Pelayanan

Selain indicator kualitas produk, key performance indicator kualitas pelayanan juga wajib diterapkan dalam drop point J&T. Tentu dengan pelayanan yang baik kepada konsumen, maka konsumen akan merasa nyaman untuk menggunakan jasa layanan tersebut.

Maka dari itu, faktor yang sangat berpengaruh untuk meningkatkan kualitas pelayanan yakni kecepatan, keamanan dan keramahan kepada customer.

3.    Ketepatan dalam Mengirim Paket

Key performance indicator yang terakhir dan juga penting untuk diterapkan oleh pihak layanan J&T adalah ketepatan dalam mengirim paket. Sebab, pelanggan akan sangat menginginkan jika produk yang dibeli dikirim dalam waktu yang cepat.

Terlebih jika barang yang dikirim merupakan jenis barang yang sangat dibutuhkan oleh pihak pelanggan.

Maka dari itu, pihak ekspedisi harus mengirim barang dalam waktu yang cepat agar pelanggan tidak merasa kecewa ketika menggunakan jasa layanan tersebut.

Itulah tadi beberapa key performance indicator yang wajib diterapkan dalam drop point J&T agar proses pengiriman barang dapat berjalan dengan optimal.

Apakah key performance indicator j&t penting untuk diterapkan?

Sangat penting. Sebab dengan adanya key performance indicator J&T maka dapat mengukur tingkat keefektivitas pihak layanan tersebut dalam mengirim paket kepada konsumen.

Artikel Lainnya

Download, Edit & Copy - Paste

GRATIS ! Mentoring

Serial Contoh SOP Perusahaan Terlengkap dan Ter-Update, di lengkapi Form, Flow Chart dan Grup Mentoring Khusus.
Klik Download Sekarang Juga