job desk hse

Mengenal Job Desk HSE Officer Dalam Perusahaan

job desk HSE – HSE menjadi salah satu bagian yang cukup dikenal dalam berbagai perusahaan, industri, ataupun institusi. Posisi ini bisa dikatakan sangat penting karena memiliki otoritas yang besar terkait penanganan urusan kesehatan, keselamatan kerja, serta pengelolaan lingkungan yang ada di sekitar tempat kerja.

Dengan peran yang besar, tentu saja memiliki sumber daya HSE menjadi hal yang sangat penting. Hanya saja, manajemen perusahaan juga perlu mengetahui apa itu HSE dan beragam job desk atau tugas dari seorang HSE.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas beberapa seluk beluk tentang HSE, termasuk job desk HSE. Penasaran? Simak ulasan selengkapnya!

Sekilas Tentang HSE

HSE merupakan singkatan dari Health, Safety, and Environment. Dari singkatan tersebut, HSE bisa diartikan sebagai rangkaian prosedur dan proses guna melakukan identifikasi pada potensi bahaya yang ada di lingkungan kerja tertentu. Dalam praktiknya, HSE akan berusaha untuk mengurangi ataupun menghilangkan bahaya serta melatih para karyawan untuk melakukan pencegahan.

Seperti pengertian awal, sistem manajemen HSE berdasar pada kesehatan, keselamatan serta lingkungan kerja. Namun, dalam pengembangannya, HSE menjadi divisi khusus dengan peran yang cukup sentral dan umumnya berada di bawah department sumber daya manusia dalam suatu perusahaan atau instansi tertentu.

Job Desk HSE Dalam Perusahaan

Sebagaimana disinggung pada pengertian di atas, HSE memiliki job desk atau tugas yang sebenarnya cukup penting, terutama berkaitan dengan keselamatan di dalam perusahaan. Adapun beberapa job desk HSE yang perlu diketahui –dan bisa dijadikan pertimbangan perekrutan, adalah sebagai berikut:

1.      Mencegah kecelakaan yang menyebabkan cedera fisik

Salah satu job desk yang sangat penting dari HSE adalah melakukan pencegahan pada kecelakaan yang bisa menjadi sebab terjadinya cedera fisik. Dalam hal ini, bagian HSE akan melakukan pengelolaan K3 pada perusahaan. Harapannya, semua karyawan nantinya akan mendapatkan pengetahuan yang memadai tentang tata cara dan operasional keamanan.

2.      Mencegah penurunan dan hilangnya pendapatan

Penerapan standar operasional menjadi salah satu tugas penting dari HSE. Konsep ini nantinya secara signifikan bisa menekan terjadinya penurunan income atau bahkan hilangnya pendapatan perusahaan.

Di sisi lain, pemilik perusahaan yang memperhatikan HSE secara khusus akan cenderung mendapatkan kelebihan untuk meminimalkan risiko tersebut. Tentu, beberapa pos biaya seperti biaya operasional, biaya perawatan dan lainnya bisa ditekan.

3.      Mengurangi tuntutan hukum

Kasus kecelakaan kerja yang terjadi menjadi hal yang bisa diperkarakan oleh karyawan. Tentu saja, berkaitan dengan hal tersebut, pihak perusahaan atau instansi harus bertanggung jawab dan memberikan hak karyawan sebagaimana mestinya.

Terkait hal tersebut, HSE memiliki tugas untuk melakukan edukasi pada karyawan secara menyeluruh. Dengan edukasi tersebut maka tingkat kesadaran dan pengetahuan karyawan tentang keselamatan kerja menjadi lebih tinggi. Oleh karenanya, kasus kecelakaan kerja akan cenderung minim dan tuntutan hukum pun tidak akan terjadi.

4.      Meningkatkan kepercayaan diri karyawan

Job desk lain dari seorang HSE adalah meningkatkan kepercayaan diri dari karyawan. Tidak dimungkiri bahwa cukup banyak karyawan yang tidak memiliki tingkat kepercayaan diri yang baik, terutama mereka yang baru bergabung dengan perusahaan.

Dalam hal ini, dengan adanya HSE, maka kepercayaan diri karyawan akan cenderung meningkat. Nantinya, mereka akan lebih mudah untuk menyelesaikan masalah teknis yang berkaitan dengan pekerjaan.

Beberapa hal di atas adalah job desk HSE secara umum. Tentu saja, seseorang dengan posisi ini memiliki tugas yang lebih kompleks terutama untuk memastikan keamanan dan keselamatan tempat kerja.

Artikel Lainnya

Download, Edit & Copy - Paste

GRATIS ! Mentoring

Serial Contoh SOP Perusahaan Terlengkap dan Ter-Update, di lengkapi Form, Flow Chart dan Grup Mentoring Khusus.
Klik Download Sekarang Juga