job desk admin

Mengenal Job Desk Admin Dalam Suatu Perusahaan

Admin –atau administrasi, menjadi salah satu posisi yang paling sering dijumpai dalam suatu perusahaan, baik perusahaan skala besar dan juga kecil. Tidak hanya itu, posisi admin juga menjadi posisi dengan peminat yang cukup tinggi. Selain dianggap mudah, posisi admin sering terkesan menarik.

Nah, Anda yang ingin mendaftar sebagai admin dalam suatu perusahaan, tentu harus mengetahui seluk beluk tentang dunia administrasi, termasuk job desk admin. Hal ini sangat penting karena admin memiliki peran yang cukup krusial dalam perusahaan, terutama yang berkaitan dengan manajemen.

Oleh karenanya, bisa dikatakan jika admin memiliki range pekerjaan yang cukup lengkap. Berbekal pengetahuan tentang job desk seorang admin, tentu Anda nantinya bisa melakukan persiapan yang lebih baik untuk menunjang pendaftaran.

Job Desk Admin Dalam Suatu Perusahaan

Sebagaimana disinggung sebelumnya bahwa admin memiliki job desk yang cukup kompleks dan mencakup beberapa detail yang berbeda. Adapun beberapa job desk dari seorang admin diantaranya adalah sebagai berikut:

1.      Berkaitan dengan data penjualan

Beberapa job desk admin yang berkaitan dengan data penjualan dari perusahaan diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Melakukan pencatatan dan juga pemeriksaan status data dari penjualan baik yang belum ataupun yang sudah masuk agar nantinya tindak lanjut dari kekurangan bisa dilakukan dengan lebih mudah
  • Melakukan input pada data penjualan secara cermat, sesuai detail dan juta tepat
  • Membuat detail penagihan serta tindak lanjut dari data yang sudah dikirimkan terkait penjualan harian
  • Memberikan informasi kepada supervisor tentang detail penjualan termasuk masalah yang terjadi

Poin di atas adalah job desk dari admin yang berkaitan dengan penjualan secara umum. Tentu, beberapa peran di atas secara umum akan berpengaruh pada bagaimana sistem penjualan perusahaan berjalan.

2.      Berkaitan dengan pemeriksaan hasil input

Berkaitan dengan pemeriksaan hasil input, seorang admin dalam suatu perusahaan memiliki beberapa job desk yang sangat penting. Adapun job desk yang dimaksud tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Melakukan pemeriksaan ulang pada setiap data yang sudah berhasil dimasukkan sebelumnya agar nantinya kekeliruan yang terjadi bisa diantisipasi dan dihindari
  • Melakukan crosscheck dengan klien terutama ketika ditemukan selisih dari harga jual
  • Mengurus tentang faktur penjualan berkaitan dengan data yang ada

Dari penjelasan di atas, bisa dikatakan bahwa admin memegang peranan penting terkait ketersediaan data perusahaan. Oleh karenanya, admin harus memiliki ketelitian tinggi agar masalah data yang bertumpuk bisa dihindari.

3.      Berkaitan dengan laporan

Admin memiliki beberapa job desk yang sangat penting berkaitan dengan laporan. Adapun job desk yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Membuat informasi atau laporan akhir bulan berupa faktur penjualan dan menyerahkannya pada supervisor untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut
  • Melakukan rekapitulasi pada penjualan atau arus masuk dan keluar barang dari perusahaan
  • Membuat laporan tentang penjualan dan tagihan dengan lengkap
  • Melakukan rekapitulasi pada retur dari konsumen
  • Memberikan bantuan pada supervisor terutama dalam persiapan beragam hal tentang informasi penjualan

Berkaitan dengan laporan, admin memang memegang peranan yang sangat penting. Hal ini sebenarnya sejalan dengan ruang lingkup kerja mereka yaitu administrasi.

Beberapa hal di atas merupakan gambaran dari job desk admin dalam suatu perusahaan. Tentu, ada beragam job desk admin lainnya yang dibedakan dari detail posisi admin. Oleh karenanya, ketika hendak mendaftar pekerjaan baru di posisi admin, pastikan jika Anda mengetahui posisi admin seperti apa yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut.

Artikel Lainnya

Download, Edit & Copy - Paste

GRATIS ! Mentoring

Serial Contoh SOP Perusahaan Terlengkap dan Ter-Update, di lengkapi Form, Flow Chart dan Grup Mentoring Khusus.
Klik Download Sekarang Juga