job desk adalah

Job Desk Adalah: Pengertian dan Cara Membuatnya

Setiap karyawan yang bekerja dalam suatu perusahaan pasti memiliki tugas atau job desk. Ya, bisa dikatakan bahwa secara umum, job desk adalah detail tanggung jawab yang diemban setiap karyawan sesuai peran masing-masing guna melaksanakan visi serta misi perusahaan.

Perlu diketahui bahwa bagi seorang pelamar kerja, job desk merupakan hal yang begitu penting. Hal ini beralasan karena job desk atau gambaran pekerjaan akan memberikan informasi tentang apa yang harus dilakukan oleh pelamar kerja tersebut ketika nantinya ia diterima menjadi anggota baru dari perusahaan tertentu.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang beberapa hal terkait job desk, terutama pengertian serta cara pembuatan untuk memudahkan manajemen perusahaan. Penasaran apa saja hal penting tentang job desk tersebut? Simak ulasannya!

Job Desk Adalah

Apa yang sebenarnya dimaksud dengan job desk tersebut?

Secara singkat, job desk merupakan sebuah catatan yang berkaitan dengan tanggung jawab serta tugas dari suatu posisi pekerjaan tertentu. Catatan ini menjelaskan tentang apa pekerjaan yang harus dilakukan oleh seorang karyawan dan apa tanggung jawab yang harus ia pikul berkaitan dengan posisi yang ia miliki.

Umumnya, job desk berisi tentang beberapa informasi tertentu, seperti nama pekerjaan, tugas yang harus dilakukan, kondisi dari pekerjaan, risiko pekerjaan dan lainnya. Semakin lengkap job desk yang diberikan, maka karyawan pun nantinya akan memiliki pengetahuan yang lebih menyeluruh dan lengkap tentang peran yang harus ia tunaikan.

Beragam job desk yang dirumuskan tersebut diawali dengan melakukan analisis pekerjaan. Oleh karenanya, detail job desk yang dibuat merupakan dokumen yang bisa menggambarkan situasi yang sebenarnya sehingga apa yang dilakukan akan sejalan dengan target dari perusahaan.

Cara Membuat Job Desk

Dari pengertian di atas, bisa dikatakan bahwa job desk merupakan elemen yang sangat penting terutama pada sistem manajemen perusahaan. Oleh karenanya, pembuatan job desk tidak bisa dilakukan dengan asal-asalan tanpa perhitungan yang tepat.

Ada beberapa cara pembuatan job desk yang harus dipahami dengan baik, terutama oleh manajemen perusahaan. Beberapa cara yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

1.      Membuat spesifikasi pekerjaan

Untuk bisa membuat job desk yang tepat, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat spesifikasi pekerjaan. Ini adalah hal yang tidak boleh dilupakan karena setiap pekerjaan pada umumnya memiliki detail yang berbeda.

Detail yang dimaksud bukan hanya tentang apa yang harus dilakukan, melainkan apa target yang harus dicapai dan juga kriteria karyawan yang diperlukan. Dengan spesifikasi pekerjaan yang tepat, perumusan job desk nantinya akan semakin mudah.

2.      Menentukan tugas dan tanggung jawab

Sebagaimana disinggung di awal bahwa job desk berkaitan dengan tugas serta tanggung jawab. Oleh karenanya, ketika hendak menentukan job desk, maka manajemen harus menentukan tugas serta tanggung jawab dari karyawan tersebut.

Poin ini juga termasuk cukup krusial. Tugas dan tanggung jawab tidak hanya menekankan pada kinerja dari karyawan, melainkan juga dedikasi serta keseriusan karyawan.

3.      Membuat ringkasan pekerjaan

Jika detail tugas dan tanggung jawab karyawan sudah selesai dirumuskan, maka langkah pembuatan job desk selanjutnya adalah membuat ringkasan pekerjaan. Pada poin ini, detail mengenai apa yang harus dilakukan oleh seorang karyawan bisa dirumuskan.

Nah, beberapa hal di atas adalah apa yang dimaksud dengan job desk dan bagaimana cara membuatnya. Tentu, untuk Anda yang berperan dalam manajemen perusahaan, hal semacam ini sangat penting untuk diketahui.

Artikel Lainnya

3 Tahap Menyusun SOP Produksi dan Distribusi

Menyusun SOP (Standard Operating Procedure)  itu hanya melalui 3 tahap, yaitu:1. Menentukan jenis pekerjaan dan alur kerjanya.2. Menggambarkan dalam bentuk bagan.3. Menuliskan dalam bentuk tulisan.

Download, Edit & Copy - Paste

GRATIS ! Mentoring

Serial Contoh SOP Perusahaan Terlengkap dan Ter-Update, di lengkapi Form, Flow Chart dan Grup Mentoring Khusus.
Klik Download Sekarang Juga