faktor yang harus diperhatikan dalam membuat job deskripsi,

Faktor yang Harus Diperhatikan Dalam Membuat Job Deskripsi

faktor yang harus diperhatikan dalam membuat job deskripsi, – Setiap karyawan yang bergabung dalam sebuah perusahaan tentu memiliki peran tersendiri sesuai dengan posisi yang ia sandang. Nah, peran tersebut umumnya dirumuskan dengan adanya job deskripsi atau gambaran tentang pekerjaan.

Dalam pemahaman yang singkat, job deskripsi merupakan sebuah petunjuk dan juga pedoman yang bisa memberikan kejelasan tentang suatu pekerjaan di dalam sebuah perusahaan. Perlu diketahui bahwa job deskripsi berisi tentang detail peran, tugas, dan juga wewenang dari setiap karyawan.

Oleh karena pentingnya job deskripsi, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan dalam membuat job deskripsi, terutama guna membuat sebuah dokumen utuh yang tidak hanya spesifik, tetapi juga sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang beberapa faktor mendasar yang perlu diperhatikan atau kriteria ketika membuat sebuah job deskripsi. Apa saja faktor yang dimaksud? Cek ulasannya!

Ragam Faktor Penting Terkait Pembuatan Job Deskripsi

Sebagaimana disinggung di awal bahwa job deskripsi adalah dokumen yang sangat penting yang mencakup tentang apa yang harus dilakukan karyawan guna memaksimalkan peran yang ia miliki. Nah, dalam pembuatan job deskripsi, pihak perusahaan perlu memperhatikan kriteria atau kualifikasi dari job tersebut.

Beberapa kriteria terkait pembuatan job deskripsi yang perlu diketahui tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

1.      Sistematis

Sebuah job deskripsi harus dibuat secara sistematis atau berurutan. Faktor ini bisa dikatakan sangat penting karena sistematika job deskripsi akan memberikan kemudahan bagi setiap karyawan untuk memahami apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab yang ia miliki.

Tidak hanya itu, sistematika job deskripsi sebenarnya juga berdampak pada perusahaan. Dengan job deskripsi yang dibuat secara sistematis, maka pola manajemen perusahaan bisa dikatakan sudah baik.

2.      Kejelasan

Kejelasan juga menjadi faktor yang cukup krusial dalam upaya pembuatan job deskripsi yang tepat. Dalam hal ini, job deskripsi seharusnya dibuat dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami.

Dengan penggunaan bahasa yang mudah dipahami, tentu saja karyawan nantinya akan memiliki pemahaman yang lebih baik terkait job deskripsi tersebut. Lebih dari itu, implementasi dari job deskripsi pun nantinya akan semakin maksimal dan perusahaan bisa dijalankan dengan lebih baik.

3.      Ringkas

Dalam proses pembuatannya, job deskripsi sebaiknya dibuat secara ringkas. Faktor yang satu ini juga bertujuan untuk memberikan kemudahan pemahaman bagi para karyawan di dalam perusahaan.

Anda sebagai penyusun job deskripsi bisa menggunakan kalimat yang ringkas serta informasi yang padat. Hindari membuat kalimat yang terlalu panjang dan jauh dari fokus.

4.      Taat pada asas

Job deskripsi yang dibuat tentu harus taat pada asas, terutama yang sudah disepakati dalam perusahaan tersebut. Ini adalah poin yang begitu penting karena bisa dikatakan bahwa job deskripsi berpengaruh pula pada jati diri dari manajemen.

Dengan menjunjung ketaatan pada asas, maka job deskripsi yang dibuat nantinya akan selaras dengan apa yang menjadi visi dan misi perusahaan. Selain itu, tidak ada pertentangan dari job deskripsi yang dibuat tersebut dengan aturan yang sebelumnya telah ditetapkan oleh manajemen perusahaan.

Beberapa hal di atas merupakan apa saja hal dan faktor yang harus diperhatikan dalam membuat job deskripsi. Sebagai tambahan, job deskripsi harus dibuat secara akurat. Artinya, dibutuhkan ketelitian yang lebih tinggi untuk menyusun job deskripsi, terutama guna memaparkan keadaan yang lengkap dan riil secara objektif serta menyeluruh.

Artikel Lainnya

Download, Edit & Copy - Paste

GRATIS ! Mentoring

Serial Contoh SOP Perusahaan Terlengkap dan Ter-Update, di lengkapi Form, Flow Chart dan Grup Mentoring Khusus.
Klik Download Sekarang Juga