TELAH TERBIT BUKU SOP RESTO / WARUNG MODERN

Telah tersedia Buku Serial SOP 2017.
STANDARD OPERATING PROCEDURE (SOP) RESTO / WARUNG MODERN

Isi buku terdiri dari 130 halaman terdiri dari:
1. Profile Usaha Resto
2. Job Description Karyawan Resto
3. Standarisasi Prosedur dan Alur Kerja
4. Keterangan Diagram Alur
5. Rahasia Memilih Lokasi Usaha
6. Kebijakan Promosi

Peringatan!!! Buku ini bukan sekedar teori tetapi contoh real SOP Resto / Cafe / Warung Modern.
Persembahan Contoh SOP.

Konsultasi lebih lanjut bisa hubungi kami.
5sen Media Konsultama


5 Kunci Rahasia Sukses Mengelola Bisnis Kuliner

Tidak sedikit pebisnis kuliner yang gulung tikar karena manajemen tidak punya konsep dalam pengengelolaan usaha warung makan, resto atau cafe yang baik.

Semangat dan optimisme berbisnis sering kali hanya pada awal mulai bisnis, akan tetapi lambat laun seiring dengan kendala yang dihadapi, gairah atau passion bisnis seseorang tidak sekuat seperti pada permulaanya. Ini terjadi karena dari awal pengelolaan bisnis ini tidak disiapkan sistem yang baik berupa Standart Operating Prosedure (SOP) untuk bisnis resto/kuliner ini.

Contoh SOP memberikan 7 Rahasia Sukses Mengelola Bisnis Kuliner, yaitu antara lain:
1. Niat Kuat, niat yang kuat untuk meraih banyak kebaikan dengan menjalankan usaha kuliner ini.
2. Komitmen, komitmen adalah syarat utama bagi setiap orang yang hendak memulai bisnis, termasuk bisnis di dunia kuliner.
3. Siap Mental, sama dengan bisnis yang lai, bisnis kuliner atau bisnis makanan dan minuman ini potensi untung atau rugi
4. Kejujuran, kejujuran adalah membangun kepercayaan. Karena itu Jujur dalam berbisnis wajib baik kepada konsumen dan pada diri sendiri.
5. Managament Profesional, sering terjadi kegagalan bisnis kuliner ini karena pengelolaan yang tidak prorfesional. Karena itu buat sistem pengelolaan bisnis kuliner ini dengan Standart Operating Prosedure (SOP). Dengan SOP Resto / Rumah Makan Modern ini bisnis akan sukses.

Demikian 5 Kunci Rahasia Sukses Mengelola Bisnis Kuliner (rumah makan, kafe, restoran, warung) ini. Jika kurang jelas bisa menghubungi kami.

5 Tips Memulai Bisnis Kuliner

Banyak yang ingin memulai Bisnis Kuliner berupa warung makan, resto atau cafe, akan tetapi bingung bagaimana memulai bisnis ini.

Contoh SOP memberikan tips sederhana tapi sangat mendasar dan penting untuk memulai usaha kuliner jenis ini.
1. Tentukan jenis makanan apa yang akan dijual. Jenis makanan ini akan mempengaruhi brand dan segmentasi pasar.
2. Keunggulan Produk. Rencana detail proses produksi makanan dan cita rasa harus menjadi ciri khas dan keunggulana dibanding produklain.
3. Lokasi usaha. Lokasi bisnis itu menentukan keberhasilan bisnis anda. Cari tempat yang paling strategis dan mudah dijangkau.
4. Sistem. Siapkan konsep berupa system dan system operating prosedur pengelolaan bisnis kuliner atau resto ini. Untuk membuat Standard Operating Procedure (SOP) bisa menghubungi Contoh SOP.
5. Sumber Daya Manusia. SDM atau pegawai dalam menjalankan bisnis café resto ini harus direncanakan dari awal.baikdari segi rekrutment, Job Desc yaitu tugas dan tanggung jawabnya.

Demikian 5 Tips memulai bisnis kuliner berupa warung makan, cafe atau resto. Jika kurang jelas bisa menghubungi kami.

Proposal usaha angkringan dengan standar minimal

Proposal usaha angkringan dengan standar minimal

Ketika kita akan memulai sebuah usaha tentu kita harus memikirkan beberapa factor yang berkaitan dengan jenis usaha yang akan kita tekuni. Saat ini jenis usaha kuliner merupakan salah satu bidang usaha yang cukup menjanjikan keuntungan dan termasuk didalamnya usaha warung nasi angkringan. Warung nasi ini dikenal di daerah Jawa sebagai warung nasi yang menyajikan berbagai menu yang cukup lengkap dengan harga yang relative murah. Porsi yang ditawarkan juga cukup mengenyangkan dan banyak diminati kalangan menengah ke bawah. Pasang surut perekonomian tidak membuat warung nasi ini hilang bahkan semakin diminati karena harganya yang cenderung lebih stabil. Meski menu yang disajikan tidak seistimewa menu restoran namun ini cukup untuk mengganjal perut di kala lapar. Kita bisa mencoba menggaet mitra usaha yang tepat untuk bekerjasama mengembangkan warung angkringan ini. Cobalah buat proposal usaha angkringan yang bisa kita ajukan pada berbagai pihak yang mungkin berminat untuk berinvestasi pada bisnis ini. Klik di sini untuk mendapat Contoh – contoh Proposal Usaha dan Busines Plan dari berbagai bidang.

Masalah permodalan merupakan salah satu hal yang bisa kita uraikan secara jelas dalam pengajuan proposal usaha angkringan. Uraikan dengan lengkap kebutuhan modal yang harus disediakan untuk mengembangkan warung angkringan ini. Menu yang disajikan sebaiknya lebih beragam agar pengunjung tidak bosan. Kita juga harus memiliki ciri khas menu yang disukai pelanggan sehingga mereka akan merindukan menu tersebut. Meski tergolong warung nasi sederhana namun warung angkringan ini juga sering diserbu oleh para pekerja kantoran di waktu pagi dan jam waktu makan siang. Jika kita telah memiliki lokasi yang cukup strategis untuk membuka kedai atau warung nasi angkringan maka ini bisa menjadi satu nila tambah dalam meyakinkan calon investor mengenai peluang usaha yang kita kelola.

Dengan lokasi yang cukup strategis maka pengembangan usaha pun akan lebih mudah dilakukan. Kita cukup membuat langkah langkah untuk menarik pelanggan agar tergiur dengan menu yang ada di warung angkringan yang kita kelola. Rumusan proposal usaha angkringan juga perlu memasukkan format administrasi yang kita jalankan. Para calon investor harus mengetahui bagaimana perencanaan bagi hasil yang akan dijalankan karena hal ini tentu akan jadi sebuah referensi yang digunakan oleh mereka ketika hendak berinvestasi. Mereka akan melihat seberapa besar peluang keuntungan yang bisa diperoleh dengan berinvestasi pada usaha angkringan ini. Administrasi pengelolaan keuangan bisa kita jelaskan secara terperinci dari mulai penyediaan bahan baku,proses hingga penjualan. Berapa biaya opearsional yang dibutuhkan dan seberapa besar pemasukkan yang bisa diperoleh. Dari sana akan kita dapatkan kisaran keuntungan yang bisa kita bagi. Para calon investor tentu akan sangat tertarik dengan bisnis ini jika kita bisa menjelaskan secara lengkap peluang usaha ini pada format proposal yang baik dan lengkap.

https://www.contohsop.com/2015/03/paket-101-contoh-business-plan-proposal.html

Contoh Job Description of Chef with Duties and Responsibilities

Contoh Job Description of Chef with Duties and Responsibilities

Pekerjaan seorang chef bukan hanya sekadar profesi. Ini adalah bentuk dari seni untuk menikmati. Tidak seperti hasil lain yang cukup dihargai melalui indera penglihatan maupun pendengaran, makanan yang baik dan sehat dimaksudkan untuk dikonsumsi dan dihargai melalui beberapa indera. Seorang koki bertanggung jawab untuk semua hidangan kuliner yang disiapkan dalam bagian mereka. Karena itu, seorang koki harus sangat berpengetahuan khusus, serta fungsi kuliner pada umumnya. Seseorang dalam peran ini juga harus sangat terorganisir dan nyaman bekerja di lingkungan bertekanan tinggi. Seorang koki juga harus mampu memberikan perintah dalam bagian mereka, serta dapat dipercaya melaksanakan perintah diturunkan kepada mereka oleh sous chef dan kepala koki.

Dengan keahlian seorang koki, rasa makanan bisa menjadi fantasi yang luar biasa dan meninggalkan jejak istimewa dalam diri masing-masing orang. Seorang chef yang baik bisa menyehatkan pelanggannya melalui makanan yang mereka masak, meninggalkan kepuasan dan memunculkan keinginan untuk mendapatkan lebih di waktu yang sama. Ini bukanlah pencapaian kecil. Pelatihan kuliner dan profesional merupakan dasar utama tercapainya resep yang sukses. Waktu yang telah dihabiskan di sekolah memasak akan membantu mengasah bakat seorang chef lebih tajam lagi dan merupakan sebuah persiapan kesuksesan karier.

Ini merupakan contoh Job Description Chef dan Tugas serta Tanggung Jawab Sebuah deskripsi pekerjaan koki eksekutif termasuk satu set beragam tugas. Tugas dan tanggung jawab koki eksekutif dapat mencakup tugas-tugas sebagai berikut:

  • Membuat menu 
  • Memilih tema restoran 
  • Persiapan makanan 
  • Periksa kualitas 
  • pengiriman makanan segar 
  • Mengelola karyawan 
  • Membangun dan mempertahankan kontak dengan vendor 
  • Pemasaran 
  • Mengawasi hubungan pelanggan

Peran utama Koki adalah untuk mengawasi persiapan, memasak, dan penyajian makanan di sebuah restoran. Tugas yang berhubungan dengan peran ini termasuk mengarahkan koki di bagian mereka dalam mempersiapkan, memasak, dan menyajikan hidangan kuliner; menegakkan kesehatan dan kebersihan standar yang ketat di dapur; dan troubleshooting masalah yang mungkin timbul.

Keterampilan yang dibutuhkan seorang Chef membutuhkan indera tajam rasa dan bau. Para koki terbaik mengenali nuansa halus dalam rasa. Kemampuan ini memungkinkan mereka untuk mengeksplorasi kombinasi rasa baru berani dan membuat mereka bekerja.

Kreativitas – Benar-benar koki yang sukses menempatkan sentuhan mereka sendiri pada hidangan akrab dan membuat kombinasi baru. Kreativitas dan bakat untuk eksperimentasi adalah ciri-ciri penting dari koki top.

Teamwork – Makanan yang harmonis membutuhkan kerjasama di dapur. Apakah Anda bekerja di pekerjaan koki eksekutif, mengarahkan seluruh proses, atau sebagai garis masak mempersiapkan elemen tertentu dari makanan, kerja sama tim sangat penting. Koki eksekutif harus mampu mengelola pekerja, mendelegasikan tanggung jawab dan bekerja sama dengan orang lain.

Penentuan – Memiliki karir yang Anda tidak hanya bergairah, tetapi juga memenuhi kebutuhan penting bagi masyarakat, berharga dan memuaskan. Namun, calon koki harus siap untuk bekerja keras. Pekerjaan koki mungkin memerlukan bekerja pada malam hari dan akhir pekan dan menghabiskan berjam-jam di kaki Anda. Dapur restoran cepat dan sering stres. Koki yang sukses harus didedikasikan untuk kerajinan mereka meskipun beberapa aspek yang kurang glamor dari pekerjaan.

Organisasi – Membawa semua elemen makan bersama-sama cepat dan elegan membutuhkan persiapan dan organisasi. Kemampuan untuk merencanakan ke depan akan membantu Anda tetap tenang dalam lingkungan dapur tekanan tinggi.

Contoh Job Description Perusahaan

SOP Pelayanan Restoran dan Prosedur Membuat Resep Makanan

SOP (Standard Operating Procedure) bagi perusahaan Rumah Makan, Cafe atau Restoran sangat penting untuk menjamin standarisasi Pelayanan atau penyajian dan Mutu atau kualitas dalam Menu makanan yang ditawarkan.

Sebagaimana waralaba-waralaba asing seperti KFC dan McDonald dengan Sistem atau SOP nya yang baik menjadikan mereka terdepan di bidang kuliner Modern sampai saat ini.

Tentang contoh SOP Resto atau Rumah Makan Modern bisa didapatkan di klik Contoh SOP Resto.

Prosedur Pelayanan Pelanggan Restoran sangat penting memuat mulai dari Penyambutan pelanggan, Mencatat pesanan, menerima pembayaran sampai prosedur membuat resep makanan dan proses memasaknya.

Berikut contoh Prosedur Pelayanan Pelanggan, dengan dilengkapi dengan Prosedur Membuat Nasi Goreng, Resep dan Prosedure Pecel lele. Untuk SOP Membuat Nasi Goreng, Resep dan Prosedure Pecel lele Kami buat mulai dari Penyiapan bahan (resep), Penyiapan Peralatan masak, Cara memasak, dan cara penyajian.

Detail tentang SOP Resto Modern di SINI.
Silakan lihat SOP-SOP yang telah kami buat di SINI.

SOP Resto, SOP Rumah Makan, SOP Cafe, SOP WaralabaSOP Resto, SOP Rumah Makan, SOP Cafe, SOP Waralaba
SOP Resto, SOP Rumah Makan, SOP Cafe, SOP WaralabaSOP Resto, SOP Rumah Makan, SOP Cafe, SOP Waralaba

SOP RESTO MODERN + Bonus SPK FRANCHISE

SOP Resto Kuliner Cafe
Untuk Anda!!
 Pengelola RESTO atau WARUNG 
Yang sedang berkembang 
atau sebaliknya yang susah berkembang. 
Solusinya buat SOP nya! 
Dan kami siap bantu Anda…
dengan Contoh SOP Resto Modern dari kami.
https://www.contohsop.com/p/cara-order.html 
Hanya Rp. 450.000,-
Anda tinggal Copy Paste dan Edit seperlunya.

*******
BONUS Ekslusif  
SOP Prosedur Pelayanan Pelanggan, 
Membuat Resep dan Prosedur Memasak Makanan.  
Ditambah lagi Bonus 
30 Contoh-Contoh Design/Photo Gerobak Modern 
 + Bonus Contoh Surat Kerjasama Franchise.

SOP Restorant Modern ini terdiri dari:
 1.Profil Perusahaan (Company Profile)  
Visi, Misi, Budaya Kerja, Motto, Struktur Organisasi.


 2.Job Desciption Resto terdiri dari 
Job Desc Supervisor, Job Desc Juru Masak, Job Desc Kasir, Job Desc Penyaji, Job Desc Office Boy.

 3.Standarisasi Makanan dan Perlengkapan Resto, 
terdiri dari:  
Standar Daftar Bahan & Bumbu Makanan, Standar Penataan Bahan dan Bumbu, Standar Peralatan & perlengkapan makan, Standar Peralatan & Perlengkapan Resto, Standar Operasional Resto, Standar Informasi Pelanggan, Standar Kedisiplinan Karyawan, Seragam Karyawan Resto, Standar Pemilihan Tempat.


 4.Prosedur Operasional (SOP) Resto, terdiri dari:  
Prosedur Buka Resto,
Prosedur Melayani Pelanggan,
Prosedur Pembayaran di Kasir,
Prosedur Memasak Produk Makanan,
Prosedur Layanan Antar Pesanan, Prosedur Membersihkan Peralatan Makan, Prosedur Membersihkan Toilet dan Dapur, Prosedur Membersihkan Ruangan Resto, Prosedur Menerima Keluhan Pelanggan,Prosedur Pengadaan Alat & Perlengkapan,
Prosedur Evaluasi Kinerja Karyawan,
Prosedur Pemasaran Resto,
Prosedur Pembuatan Anggaran, Prosedur Pengajuan Usulan,
Prosedur Penyusunan Laporan Penjualan,
Prosedur Tutup Resto.

 5.Keterangan Diagram Alur (Flowchart) 
Simbol-Simbol dalam Flowchart.

 6.Rahasia Memilih Lokasi Usaha 
Cerdas Memilih Lokasi Usaha,
Rahasia Risert  Pasar di Lokasi Usaha.

 7.Kebijakan Promosi Resto 
Pengertian Resto Dan Jenisnya, Layanan Pelanggan,
Sales Promotion,  Jenis Dan Contoh Media Promosi.
***************
Dapatkan hanya Rp. 450.000- 
*********

ORDER SEKARANG!!!
Bonus 30 Contoh Desain Gerobak Modern
+ Bonus Contoh Surat Kerjasama Franchise

************