OWNER LEBIH SIBUK DARIPADA KARYAWAN

CIRI USAHA TANPA SYSTEM
OWNER LEBIH SIBUK DARIPADA KARYAWAN

Dari 100 bisnis yang dimulai hari ini, 5 tahun kemudian akan gagal sebanyak 80 dan tersisa 20 bisnis. Sedangkan pada 10 tahun kemudian yang survive hanya 4, artinya akan ada yang tutup atau gagal sebanyak 96% nya pada tahun ke 10.
Jadi, jangan happy dulu kalau bisnis Anda belum mencapai 10 tahun. Kalau bisnia Anda sudah lewat 10 tahun, baru Anda boleh restrukturisasi.
Ada empat syarat jika Anda ingin bisnis Anda sukses: 1. Usaha itu harus menguntungkan, kalau usaha tidak menguntungkan itu namanya bukan usaha. 2. Usaha itu harus bisa diduplikasi. Kalau tidak bisa diduplikasi,namanya pekerjaan 3. Usaha itu harus bisa berjalan dengan sistem. Tanpa system owner yang kerja lebih keras dari pada karyawan 4. Harus ada management. Kalau Anda punya bisnis, tapi tidak punya management, itu namanya bukan bisnis tapi MLM.
Membangun bisnis, sama dengan membangun sebuah rumah. Seharusnya tidak dibangun dengan asal-asalan mulai dari proses perencanaan sampai dengan pelaksanaan dan pemeliharaan.
Membangun System Bisnis berarti mempersiapkan bsinis Autopilot yaitu menciptakan bisnis yang berjalan tanpa anda.
Karena satu-satunya alasan seorang pengusaha memiliki bisnis adalah agar bisa mewujudkan impiannya yaitu dengan memanfaatkan ‘uang’ dan ‘waktu’.
Jadi bisnis yang sukses adalah mereka yang business ownernya make more money and more time.
Hehmm… tunggu apa lagi?
Ayoo, kami bantu Anda menyusun System Autopilot Bisnis Anda!
Salam sukes, Master SOP Entrepreneur, Konsultan dan Penulis Buku Serial SOP Perusahaan. HP/WA: 08124683055 www.contohsop.com
————————————————————————————————- 
Dapatkan Kumpulan contoh-contoh SOP Perusahaan yang Anda butuhkan, Dan Anda akan mendapat bimbingan langsung dari Master SOP. 
————————————————————————————————-
Contoh SOP HRD – SDM | Contoh SOP Marketing | Contoh SOP Keuangan & Accounting | Contoh SOP General Affair (GA) | Contoh SOP Perpajakan | Contoh SOP Penggajian | Contoh SOP Purchasing | Contoh SOP Security | Contoh SOP House Keeping | Contoh SOP IT & ME | SOP Toko Retail Modern / Minimarket | Contoh SOP Resto Modern | Contoh SOP Jasa Kontraktor | Contoh SOP Perhotelan | Contoh SOP AMDK | Peraturan Perusahaan & Pedoman Karyawan | Contoh KPI + Kinerja Perusahaan.

JALAN SUKSES KITA BERBEDA

Yang sedang lelah dan capek, Anda butuh istirahat sejenak dan membaca tulisan ini…

Tulisan yang saya share berikut adalah tulisan yang sangat inspiring dan mencerahkan banget. Tulisan pendek tapi dapat membuka cakrawala berfikir tentang kesuksesan yang selalu kita cari. Adalah tulisan coach Agustina, seorang konsultan resto nasional, saya sudah dIberikan izin oleh beliau untuk share tulisan yang keren ini kepada Anda.

ZoNa WakTu
New York 3 jam lebih awal dari California, Tapi tidak berarti California lambat, atau New York cepat. Keduanya bekerja sesuai “Zona Waktu”nya masing-masing.

Seseorang masih sendiri. Seseorang menikah dan menunggu 10 tahun utk memiliki momongan. Ada juga yang memiliki momongan dalam setahun usia pernikahannya.

Seseorang lulus kuliah di usia 22 tahun, tapi menunggu 5 tahun untuk mendapatkan pekerjaan tetap; yang lainnya lulus di usia 27 tahun dan langsung bekerja. Seseorang menjadi CEO di usia 25 dan meninggal di usia 50 saat yang lain menjadi CEO di usia 50 dan hidup hingga usia 90 tahun.

Setiap orang bekerja sesuai “Zona Waktu” nya masing-masing. Seseorang bisa mencapai banyak hal dengan kecepatannya masing-masing. Bekerjalah sesuai “Zona Waktu“mu.

Kolegamu, teman-teman, adik kelasmu mungkin “tampak” lebih maju. Mungkin yang lainnya “tampak” di belakangmu. Setiap orang di dunia ini berlari di perlombaannya sendiri, jalurnya sendiri, dalam waktunya masing-masing.

Allah punya rencana berbeda untuk masing-masing orang. Waktu berbeda untuk setiap orang. Obama pensiun dari presiden di usianya yang ke 55 dan Trump maju di usianya ke 70. Jangan iri kepada mereka atau mengejeknya…

Itu “Zona Waktu” mereka. Kamu pun berada di “Zona Waktu”mu sendiri! Kamu tidak terlambat. Kamu tidak lebih cepat. Kamu sangat sangat tepat waktu!

Tetaplah kejar keberkahan Allah… agar sampai pada muara kebahagiaan di surgaNya..

Kamu di “Zona Waktu”mu! Semoga Allah selalu Ridho dengan segala aktivitas kita. Amiin.

***
Semoga tulisan ini dapat menyadarkan kita bahwa setiap kita mempunyai jalan sukses yang berbeda. Karena Alloh pemilik rencana yang terbaik.

Salam sukses,
By Master SOP
Akh Alim Mahdi
CEO 5sen Media Konsultama
Konsultan SOP
HP/WA: 08123 966 2099
www.masterSOP.com

IDENTIFIKASIKAN PROSES BISNIS ANDA!

Kesalahan fital yang bisa terjadi dalam usaha adalah kesalahan dalam mengidentifikasi proses kegiatan dalam operasional usaha. Dan Kesalahan ini akan menyebabkan kesalahan dalam penyusunan JOB DESCRCPIPTION, STANDARD OPERATING PROCEDURE (SOP) dan PENETAPAN HARGA JUAL PRODUK.
Suatu contoh pada perusahaan produksi kotak (box) kertas membuat sebuah kotak kue memerlukan 4 tahap pekerjaan yaitu: Dimulai dari MEMOTONG, MELIPAT, MENGELEM dan MERAKIT.
Jika perusahaan kurang teliti mengindentifikasi proses pekerjaan tersebut sehingga terjadi terlewatnya atau pengurangan tahapan prosedur, misalnya yang seharusnya 4 menjadi 3 tahap.
Misalnya tahapan ‘Melipat Kertas’ dihilangkan atau dilewati. maka bisa terjadi 3 (tiga) berakibat fatal, yaitu:
1. Kesalahan dalam kebijakan rekrutmen SDM.
2. Kesalahan penyusunan SOP.
3. Kesalahan penentuan Biaya Produksi.
Pertama, Kesalahan ini berakibat penyusunan Job Description yang kurang tepat sehingga berpengaruh dalam kebijakan rekrutmen pada SDM khususnya pada bagian produksi akibat hilangkan satu tahap pekerjaan dalam proses produksi tersebut yaitu tiadanya tenaga bagian melipat.

Kedua, Kesalahan penyusunan SOP akan menyebabkan standar kualitas produk tidak sesuai dengan yang diharapkan. Pengerjaan box tidak melalui proses ‘pelipatan’ sebelum ‘pengeleman’ sehingga hasilnya kurang rapi. Maka akibat fatalnya barang ditolak oleh pemesan.

Ketiga, Kesalahan Penentuan Cost Produksi atau Harga Pokok produksi (HPP). Kesalahan ini lebih fatal karena Harga Jual akan dipatok lebih rendah dari sebenarnya karena biaya tenaga lipat hilang atau terlewatkan. Kesalahan ini membuat kerugian atau minimal berkurangnya profit atau keuntungan perusahaan.
Faktor inilah yang menyebabkan banyak ‘kasus’ semakin menyusutnya keuntungan alias semakin banyak orderan malah semakin berkurang margin keuntungannya. 
Misalnya ketika dapat order 100 pcs untungnya Rp.1juta tapi saat dapat oder 200 pcs dengan barang dan spesifikasi yang sama untungnya hanya Rp. 1,2juta. Kok bukan Rp.2juta?
***
Maka Autopilotkan Busnismu!! dan berpartisipasilah dalam mewujudkan “Gerakan Pengusaha Sadar SOP”.
Salam sukses,
By 5Sen Media Konsultama
*Akh Alim Mahdi*
Konsultan SOP & HAKI
www.contohsop.com

SOP ATAU PROSEDUR BIROKRASI?

Nah, kali ini ada 2 pilihan antara SOP dan BIROKRASI.
Jika Anda pengusaha, mana yang Anda pilih jika Anda diminta untuk memilih diantara keduanya?
PROSEDUR STANDAR OPERASI
Standard Operating Procedure atau SOP adalah sistem yang disusun untuk memudahkan dan merapikan serta menertibkan pekerjaan kita.
Sistem ini berisi urutan proses pekerjaan dari awal sampai akhir.
Bisnis modern dijalankan dengan sistem SOP bahkan SOP juga diberikan kepada konsumen yang membeli produk tertentu supaya tidak salah aplikasi. Contohnya: Mie Instans. Cara menyajikan mie instans yang ditulis di kemasan bagian belakang itulah SOP.
Jadi SOP dibuat untuk menyederhanakan proses kerja supaya hasilnya optimal tetapi tetap efisien.
PROSEDUR BIROKRASI
Birokrasi umumnya terjadi dalam pemerintahan, biasanya prosedur birokrasi mengacaukan SOP sehingga membuat urusan menjadi rumit, alurnya panjang, tidak efisien dan membuka peluang penyelewengan. Ini yang yang seringkali menjadi keluan warga atau pengguna jasa pada instansi terkait.
Coba simak kata ‘Birokrasi’ menurut KBBI mempunyai 2 arti yaitu:
birokrasi/bi·ro·kra·si/ n 1) sistem pemerintahan yang dijalankan oleh pegawai pemerintah karena telah berpegang pada hierarki dan jenjang jabatan; 2) cara bekerja atau susunan pekerjaan yang serba lamban, serta menurut tata aturan (adat dan sebagainya) yang banyak liku-likunya dan sebagainya;
***
Dari uraian singkat di atas, maka untuk usaha Anda buatlah SOP yang efektif dan efisien dan menyumbangkan keuntungan. Jangan membuat prosedur (SOP) birokrasi untuk bisnis Anda.
SOP birokrasi keliatan ‘keren’ dan ‘elit’ akan tetapi melahirkan inefisiensi, alurnya rumit, panjang, lama dan menyebabkan ekonomi biaya tinggi.
Nah, bagaimana dengan usaha Anda?
Maka Autopilotkan Busnismu!! dan berpartisipasilah dalam mewujudkan “Gerakan Pengusaha Sadar SOP”.
Salam sukses,
By 5Sen Media Konsultama
*Akh Alim Mahdi*
Konsultan SOP & HAKI
www.contohsop.com
Lihat Profile saya di: http://profile.contohsop.com

SISTEMKAN BISNIS KONVENSIONALMU

Dari sekian banyak pertanyaan tentang Standard Operating Procedure (SOP), dapat disimpulkan bahwa ternyata hanya sedikit yang mengetahui SOP. Bahkan banyak pelaku usaha yang menjalankan bertahun-tahunpun bisnis ternyata juga tidak tahu SOP, apalagi melihat bentuknya.
Sebagian besar client kami yang telah menggunakan dan memanfaatkan SOP kami (www.contohsop.com) adalah para profesional atau pelaku usaha yang sebelumnya sudah mengetahui SOP bahkan ada yang sudah mengikuti workshop SOP, akan tetapi merasa kesulitan membuat SOP sendiri.
Kami sedang mengkampanyekan “Gerakan Pengusaha Sadar SOP” yang mempunyai misi untuk menyadarkan setiap pelaku usaha terutama UMKM memahami pentingnya SOP dan dapat membuat SOP nya sendiri.
Banyak alasan yang membuat para pengusaha tidak membuat SOP.  Padahal SOP tidak hanya digunakan untuk usaha franchise saja, tetapi bagi UMKM penggunaan SOP dimanfaatkan untuk mengembangkan usahanya. SOP bukan hanya untuk Bisnis Franchise, tetapi juga sangat bermanfaat untuk bisnis biasa (konvensional).
Bisnis Konvensional yang bersistem (menggunakan SOP) menjadikan bisnisnya Autopilot yaitu usaha yang jalannya tidak tergantung sama pemiliknya, maka bisnis yang seperti ini (usaha bersistem)  tidak kalah bersaing dengan bisnis waralaba yang sedang menjamur, bahkan lebih unggul dengan keunikannya.
Salam sukses!!!
“Sukseskan Gerakan Pengusaha Sadar SOP”
By 5Sen Media Konsultama
*Alim Mahdi*
Konsultan SOP
Hp/WA 081239662099
www.contohsop.com

JOBDESC TIDAK PENTING UNTUK USAHA ANDA?

Saya mempunyai teman yang sangat beruntung, teman saya ini menjalankan bisnis furniture dan mempunyai workshop yang cukup besar untuk memproduksi sendiri furniture yang dipesan oleh pelanggannya.
Terhitung beberapa kali saya memberi orderan kepada beliau, kira-kira mencapai angka ratusan juta dari customer saya. Saya buatkan web dan fanpages untuk membantu pemasaran usahanya. Anda bisa lihat webnya: www.interiordibali.com
Lumayan dengan hanya biaya buat web kurang dari 150K mendatangkan omzet ratusan juta, dan yang lebih gurih lagi adalah bonusnya, bisa untuk pake THR tiap tahun. Hehehe.
Kembali ke laptop!
Beliau, teman saya ini mempekerjakan 25 pegawai di workshopnya. Dasyatnya pekerjaannya rame terus, dan beberapa kali terpaka menolak orderan walaupun seringkali pula pekerjaan dilembur sampai jam 10 malam.
Wajar ketika saya berkunjung ke rumahnya yang terletak di sebelah workshopnya selalu terdengar deru mesin pemotong kayu.
Sayangnya, teman ini belum bisa mengelola usahanya sebagaimana perusahaan pada umumnya, tidak ada Struktur Organisasi dan pun tidak ada Job Descriptions. Mengalir begitu saja, semua pekerjaan dan pegawainya berjalan berdasarkan kebiasaan dari awal berdirinya. Kecuali bagian pelaksana produksi, semua banyak ditangani oleh ownernya sendiri.
Bahkan saya tidak melihat satupun ada pegawai bagian administrasi yang diperbantukan untuk mencatat orderan, buat kwitansi, menghandle tagihan, mencatat absensi dan membayar gaji karyawan. Belum lagi tugas lapangan, bagian survey lokasi, mengukur dan membuat desain sesuai pesanan. Tapi anehnya bonus dan komisi saya tidak pernah telat… hehehe…
*
Saudaraku banyak pengusaha konvensional yang tidak memiliki struktur organisasi dan deskripsi pekerjaan (job descriptions), entah karena tidak sempat atau malas membuatnya.
Mereka mengelola karyawan (maaf) seperti pembantu rumah tangga, perintah sana, perintah sini, bantu sana, bantu sini. Jika karyawan kita seperti pembantu rumah, bagaimana usaha kita bisa maju pesat?
Padahal struktur organisasi dan jobdesc menentukan apakah karyawan kita bekerja secara optimal atau tidak.
Jika hanya mengandalkan perintah untuk membuat karyawan bekerja, maka saat kita sakit keras, bisa dipastikan usaha kita bisa turun produktivitasnya.
Hehmm…. begitu pentingnya Struktur Organisasi dan Job Descriptions ya?
Dan alhamdulillah terakhir saya berkunjung ke workshop teman saya ini sudah keliatan rapi bersih dan wangi walaupun masih terdengar suara mesin workshop seperti suara senjata mesin para kesatria Star Wars, colek Luke Skywalker 🙂
Do you?
*
Salam sukses,
Jum’at mubarok.
By 5Sen Media Konsultama
*Akh Alim Mahdi*
Konsultan SOP & HAKI
www.contohsop.com
Lihat daftar Client SOP saya di: http://profile.contohsop.com

HAMBATAN DALAM PENERAPAN SOP

Standard Operating Procedure (SOP) dibuat untuk memberikan kemudahan dan keuntungan bagi perusahaan dan karyawan. Namun dalam praktik penerapannya, sering kali tidak sesuai dengan harapan.

Apalagi pada perusahaan yang sudah berjalan lama biasanya penerapan SOP dianggap membatasi ruang gerak Perusahaan. Adapun hambatan-hambatan tersebut antara lain:
1. Hambatan Manajerial
Hambatan ini bisa terjadi karena gaya manajemen organisasi yang birokratis dan feodal, struktur organisasi dengan lapisan yang terlalu banyak. Dan budaya komunikasi perusahaan yang tidak baik.
2. Hambatan Operasional
Hambatan ini terjadi karena perusahaan baru didirikan atau karakteristik bisnis atau produk yang berubah-rubah karena sangat tergantung dengan kepentingan pelanggan.
3. Hambatan Personal
Hambatan ini muncul dari individu ataupun kelompok tertentu dalam sebuah perusahaan. Faktor yang melatarbelangi antara lain karena personal yang bersangkutan tidak memiliki kemampuan untuk mengikuti perubahan, tidak memiliki motivasi untuk berkembang atau berubah dan Adanya kepentingan pribadi supaya SOP tidak diberlakukan.
Salam sukses,
By 5Sen Media Konsultama
Akh Alim Mahdi
Konsultan SOP
www.contohsop.com

ANDA SUPERMAN ATAU SUPERWOMEN DALAM BISNIS ANDA

Ilustrasi berikut tidak cocok untuk yang masih berstatus karyawan. Mari kita renungi curhatan seorang pengusaha, sebagai ilustrasi bagi yang sedang menjalankan bisnis.

ILUSTRASI
Gimana saya bisa tinggalkan bisnis saya? Gimana saya bisa jalan-jalan dan bisa meluangkan waktu untuk keluarga? Dan bagaimana saya bisa melihat peluang binis baru dan lainnya?
Bagaimana bisa Autopilot dan bisnis bisa saya tinggalkan?
Sedangkan bisnis saya sekarang systemnya masih berantakan, tim masih kacau dan saya belum bisa meninggalkan pekerjaan bisnis saya!

BUSINESS FLOW
Mari pelan – pelan Anda perhatikan dan evaluasi Business Flow Anda. Sederhananya secara umum setiap bisnis mempunyai flow (alur) dalam jalannya usaha yaitu :  MARKETING – SALES – OPERATION – FINANCIAL.

1. MARKETING: Pemasar yang jago mendatangkan Calon Pelanggan bagi usaha Anda.
2. SALES:  Penjual handal yang mampu membuat Calon Pelanggan menjadi Pelanggan.
3. OPERATION: Tim yang menjalankan operasional perusahaan dengan baik dan memuaskan Pelanggan.
4. FINANCIAL: Perencanaan dan pengelolaan keuangan untuk memastikan Bisnis Anda benar-benar profitable dan tumbuh berkembang.

Ibarat meja, keempat flow tersebut adalah kaki yang menopang meja bisnis Anda. Maka jika Bisnis Anda belum Autopilot, bisa dipastikan ke 4 Business flow tersebut Anda sendiri yang mengerjakannya, atau minimal masih melibatkan Anda.

LANGKAH SEDERHANA:
Langkah sederhana untuk menyusun Sistem dan Bisnis Autopilot adalah dengan membuat Team untuk bisnis Anda.
1.Perhatikan mulai dari pekerjaan rutin, pekerjaan rutin memutuhkan 2 (dua) jenis skill yaitu Low Skill dan High Skill.
2.Delegegasikan pekerjaan Anda pada pekerjaan rutinitas yang Low Skill. Langka ini memudahkan pendelegasian karena Low Skill tidak membutuhkan Skill atau kemampuan yang tinggi dan sulit.
3.Pilih karyawan yang mempunyai skil yang paling mampu diantara karyawan Anda.
4.Dan bantu dengan memberikan training untuk meningkatkan kemampuan skillnya. Tidak sekedar memberi informasi tapi step by step untuk melatih dan meningkatan kemampuan Skill karyawan Anda. Owner harus sabar melihat prestasi karyawan.
5.Mengotimalkan Team mulai dari rekrutmen, selection, training, monitoring, control, reward dan punishing sehingga benar-benar team bisa dilepas dan usaha berjalan secara autopilot.
Tidak mudah, tapi bisa dilakukan! Yang penting semangat tidak boleh menyerah!

KENAPA TIDAK BISA AUTOPILOT?
Mau, tapi bukannya tidak mau tapi tidak bisa!
Anda bilang, kenapa Bisnis Anda tidak bisa Autopilot, Karena Bisnis Anda unik, tidak ada yang bisa melakukan, semua Anda dan semua Anda yang mengerjakan.
Karena jangan-jangan Anda menjadi SUPERMAN atau SUPERWOMEN dalam bisnis Anda sendiri?

Karena Anda yang menjadi kaki atas meja bisnis Anda. Ketika Anda tinggal sebentar saja mejanya turun dan berantakan.

Anda tukar hidup Anda untuk pegangi meja bisnis Anda. Coba bayangkan sungguh ironis dan tragis, Anda tukar waktu berharga dengan keluarga Anda, waktu golden moment tidak bisa dinikmati.
Anda bilang Anda kerja keras membangun bisnis untuk keluarga Anda, Kerja keras untuk keluarga Anda akan tetapi ironis keluarga Anda tidak begitu mengenal Anda.
Anda tidak punya cukup waktu untuk bersama mereka, untuk diri sendiri, Anda hampir tidak punya kehidupan demi bisnis.
MAU SAMPAI KAPAN?
Anda harus mengatur bisnis Anda biar memberikan hidup yang berkualitas, jangan biarkan bisnis Anda justru mengatur hidup Anda, sedangkan usia Anda semakin tua.
Ayo bangun kaki meja bisnis Anda. biar bisnis semakin profitable dan autopilot, bisnis bisa berjalan sendiri Anda bisa jalan-jalan.  Anda punya banyak waktu dan punya banyak uang.
Nah loh!
Salam sukses,
By 5Sen Media Konsultama
*Akh Alim Mahdi*
Konsultan SOP
www.contohsop.com

MELEK OMZET, TIDAK PAHAM ASET

Happy Trenggono mengatakan bahwa 70% pengusaha di Indonesia itu Financially Incompetence atau dengan kata lain tidak memiliki kompetensi atau pengetahuan tentang ilmu finansial.
Buta finansial yang disebabkan kurang terampil dalam mengelola keuangan dapat berakibat fatal karena bisa saja bisnis kita diluar terlihat baik-baik saja, tapi nyatanya dalam aliran arus keuangannya tersendat – sendat.
Apapun latar belakangnya seorang pengusaha harus bisa mengendalikan keuangan bisnisnya sendiri. (Baca: mampu membaca laporan keuangan).
Bisa dipastikan setiap pengusaha tahu jumlah OMZET bisnisnya. Akan tetapi masih banyak pengusaha belum tahu nilai ASET usahanya.
Aset adalah kekayaan yang dimiliki oleh usaha bisnis yang bisa diukur secara jelas yang menggambarkan prestasi usaha anda.
Laporan Keuangan merupakan salah satu ‘perangkat’ penting dalam bisnis anda. Darinya anda bisa lihat bisnis anda selama ini berkembang atau tidak, asetnya bertambah atau tidak, profit atau tidak.
Atau yang paling bahaya adalah di Laporan Profit/Loss (laba/rugi) anda profit akan tetapi Arus Kas (cashflow) anda Nol besar atau bahkan Minus.
Anda salah! jika berfikir Bisnis hanya tentang Omzet.
So, pengusaha harus mendalami Laporan Keuangan. Tidak harus detail, setidaknya 3 laporan keuangan penting : Seperti Balance Sheet (neraca), Profit Loss (laba rugi), dan Arus Kas (cashflow).
Hehmm… bagaimana menurut Anda?
Salam Sukses!!!
Silakan lihat profile kami: http://profile.contohsop.com
***
By
*Akh Alim Mahdi*
Konsultan SOP & HAKI
CEO 5sen Media Konsultama
CV. Lingkar Madani Sentosa
HP/WA. 0812 3966 2099

MENDUNG DI TOKO NON SOP

Pengalaman pribadi pekan lalu, saya pergi ke toko listrik untuk membeli peralatan listrik, tokonya cukup besar dan keliatan cukup lengkap.
Singkatnya, saya menyampaikan kepada pramuniaga toko apa yang saya butuhkan yaitu steker yang ada lampu switch indikatornya. Pramuniaga segera mencari apa yang saya inginkan. 
Menunggu beberapa menit blm juga dapat, saya perhatikan pramuniaga sibuk mencari di tumpukan-tumpukan barang dalam etalase kaca.
Di luar toko, awan mulai gelap, tiupan angin semakin kencang dan aroma air hujan mulai tercium. Saya mulai tidak sabar, “Ada mas?” Tanyaku.
“Bentar ya!” jawab pramuniaga itu sambil mencari-cari di tumpukan barang yang lain, seakan meyakinkanku bahwa barang itu ada.
5 menit masih menunggu, disebelah duduk orang bertampang bos asyik main game.
Dan 10 menit waktu berlalu, saya hampir putus asa dan berfikir meninggalkan toko itu, tiba-tiba pramuniaga itu berteriak, “ini mas barangnya,” sambil membuka satu box berisi barang yang saya cari.
Hehm… Saya lihat barang itu keliatan kusam, pramuniaga itu mengetes dan memainkan tombol saklarnya dan tidak berfungsi, sayapun ambil satu dan mencoba sendiri dan ternyata tidak berfungsi juga.
“Maaf pak ini barang2 yang sudah rusak, bentar saya cari lagi.” Kata pramuniaga itu sebelum saya tanya.
Nampak raut mukanya agak tegang dan gelisah, pramuniaga yang lain menghampiri dan membantu mencari barang yang saya cari.
Sayapun mulai gelisah karena rintik2 hujan disertai angin kencang sudah mulai turun. Barangpun yang saya caripun tidak ketemu.
Akhirnya saya putuskan beli barang sejenis bermodel lain yang pasti ada di toko itu. Saya tunjuk langsung barang yang saya maksudkan, segera pramuniaga mengeluarkan satu box dan sayapun memilih 2 buah yang saya butuhkan.
Sebelum saya ke kasir, saya lihat label harga yang tertempel di barang, lagi – lagi bikin saya gemes, harganya berlainan ada 3 harga yang berbeda tertulis di antara satu dan lainnya. Pramuniagapun mulai pucat dan berkeringat.
“Jadi ini harganya yang mana koh?” Tanya saya sedikit menyeringai kepada pemilik toko merangkap kasir yang sedari tadi main game di gadget kesayanganya.
Para pramuniaga bengong dan melongo! Dan hujanpun segera membasahi bumi.
*
Saudaraku, Ketahuilah, kisah nyata ini menggambarkan salah satu ciri kelemahan usaha yang tidak bersistem (SOP).
*Maka SOP-kan Usaha Anda!!!*
Salam Sukses!!!
By
*Akh Alim Mahdi*
_Konsultan SOP & HAKI_
CEO 5sen Media Konsultama
CV. Lingkar Madani Sentosa
HP/WA. 0812 3966 2099
Ikuti web kami:
www.contohsop.com